Rabu, 03 Februari 2010

PROFIL MA'HAD ALY AL FITHRAH

Visi, Misi dan Tujuan

1.      Visi :
Terwujudnya Ma’had Aly AL FITHRAH yang mampu mencetak Sarjana ahli fiqih Profesional berbasis kepesantrenan yang berakhlaqul karimah dan budi pekerti luhur, berilmu dan berwawasan luas yang penuh kehati-hatian, dan trampil serta kompetitif sebagai bekal hidup dan kehidupan dalam melanjutkan perjuangan Salafush Sholih untuk melestarikan dan mengembangkan suri tauladan, bimbingan dan tuntunan dalam perjuangan dan hidup serta kehidupan Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW, yang penuh akhlaqul karimah.
2.        Misi :
a.       Menanamkan akhlaqul karimah atau budi pekerti yang mulia sebagai bekal hidup dan kehidupan dalam melanjutkan perjuangan Salafush Sholih untuk melestarikan dan mengembangkan suri tauladan, bimbingan dan tuntunan dalam perjuangan dan hidup serta kehidupan Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW. yang penuh akhlaqul karimah.
b.      Menanamkan sikap dan kepribadian sebagai hamba Allah SWT. yang mempunyai semangat untuk :
                                       i.     Mengambil, berpegang teguh dan mengamalkan pendapat yang hati-hati dan paling utama, guna bekal bertawajjuHh, menghadap kepada Allah SWT., sebagaimana yang telah disuritauladankan oleh Rasulullah SAW. dan para Ulama' Salafush sholih.
                                     ii.     Tidak mencari celah-celah hukum untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya.
c.      Mendidik mahasiswa dalam hal kehidupan bermasyarakat, untuk :
                                       i.        Memberi suri tauladan dan kesejukan di masyarakat.
                                     ii.      Mengedepankan kasih sayang dan kelembutan, lebih-lebih kepada orang awam. 
                                   iii. Berpegangan pada pendapat mu'tamad di dalam membimbing dan mengabdi kepada masyarakat.
d.  Mempertahankan nilai-nilai Salafush Sholih dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih positif, maslahat dan bermanfaat untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan budaya di masyarakat.
e.   Meningkatkan Profesionalitas dan akuntabilitas sebagai pusat pembudayaan Ilmu fiqih dan ilmu lain-lain terkait yang menunjang berdasarkan standar nasional dan global.
f.    Mengupayakan integrasi paradigma dan epistemologi ilmu-ilmu umum dan ilmu Agama Islam, sehingga tidak ada lagi dikotomi antara keduanya dan atau tidak lagi dikenal ilmu-ilmu agama secular sciences.
g.  Mendidik mahasiswa menjadi warga masyarakat yang bermoral agama berlandaskan nilai-nilai kritis, obyektif, jujur, menguasai ilmu pengatahuan dan teknologi, memiliki keterampilan hidup yang berharkat dan martabat, memiliki rasa tanggung jawab kemsyarakatan dan mampu mengembangkan ilmu pengetahauan Islam, ilmu-ilmu lain, dan nilai terkait sesuai dengan bidang disiplin ilmu yang diketahui serta mengamalakannya secara benar dan baik.
h.   Mengutamakan konseptualisasi ajaran Islam berdasarkan fahan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dan khazanah pemikiran Islam agar dapat diaktualisasikan secara operasional ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat bermoral agama, berharkat dan bermartabat.
i.  Mengembangkan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan menentukan solusi secara akademik terhadap berbagai permasalahan dalam kehidupan sosial yang dinamis.
j.   Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pola-pola pengabdian pada masyarakat yang profesional.

3.        Tujuan
a.  Membentuk pribadi mahasiswa yang mampu melestarikan, mengembangkan suri tauladan, bimbingan dan tuntunan dalam perjuangan dan hidup serta kehidupan dari Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW. yang penuh akhlaqul karimah.
b.      Menanamkan akhlaqul karimah dan budi pakerti yang mulia, sejuk, manis dan indah kepada para mahasiswa dalam rangka melanjutkan perjuangan Salafus Sholih.
c.       Menkader Generasi Islam yang sholih, berhati-hati, pandai, ahli, kompeten, dan profesional dalam disiplin ilmu yang ditekuni.
d.      Menjadikan wadah bagi para alumni santri Al Fithrah khususnya dan masyarakat pada umumnya yang ingin melanjutkan studi kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
e.       Menjadi pusat penelitian dan pengembangan serta penyiaran Agama Islam yang menganut Faham Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
f.       Trampil dalam menyampaikan pembelajaran fiqih.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Brooklyn by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP